Torch Guard, APD Reusable yang Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Sudah lebih dari satu tahun semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Kini, masyarakat harus menyesuaikan dengan kebiasaan baru yang dikenal dengan new normal. Protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak wajib diterapkan untuk proteksi diri. Salah satu bentuk perlindungan diri untuk garda terdepan Covid-19 adalah Alat Pelindung Diri (APD).

Dulu APD hanya wajib dipakai oleh petugas medis di ruang isolasi saja, namun sekarang penggunaan APD lebih meluas karena banyak profesi yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Contohnya petugas klinik, dokter gigi, petugas kebersihan, dan masih banyak profesi lainnya yang berhak mendapatkan perlindungan secara optimal.

Tetapi muncul permasalahan baru yang berdampak pada lingkungan mengenai APD disposable (sekali pakai). Sama seperti masker, sampah APD sekali pakai juga membutuhkan perlakuan yang sangat apik. Terlebih, jumlah limbah dari APD sekali pakai akan terus meningkat.

Maka dari itu Torch hadir dengan solusi dari APD sekali pakai yaitu APD reusable (pakai ulang) dengan nama Torch Guard yang merupakan Coverall berstandar tinggi. Torch Guard dirancang oleh desainer-desainer produk profesional Indonesia untuk menangani pandemi Covid-19. Torch mengembangkan konsep APD pakai ulang yang dapat dipakai sampai dengan 30 kali dengan harga yang ekonomis, dan tentunya lebih ramah lingkungan.

APD disposable yang dijual di pasaran dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp350.000,00 untuk satu kali pemakaian. Dengan Alat Pelindung Diri dari Torch, harga per satu kali pemakaiannya adalah Rp15.000,00. Harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan dengan APD disposable.

Kelebihan lainnya dari Torch Guard adalah 100% waterproof (tahan air) dan tidak panas digunakan selama 8 jam. Torch Guard menggunakan membran bermikropori untuk mengeluarkan udara panas dan menggunakan serat mikrofiber untuk menyerap keringat. Selain itu perawatannya juga sangat mudah, yaitu cukup direndam dengan deterjen selama 10 menit.

Berdasarkan edaran Direktorat Jenderal Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia tertanggal 26 Maret 2020; tentang Peraturan Penggunaan Coverall dalam menghadapi Wabah Covid-19, diperbolehkan menggunakan Coverall Reusable dengan bahan berkualitas tinggi, selama pakaian tidak rusak.

Dengan adanya Torch Guard, Coverall reusable yang ekonomis dan ramah lingkungan, semoga profesi yang mengharuskan berinteraksi langsung dengan masyarakat luas akan mendapatkan perlindungan yang optimal dan pandemi Covid-19 lebih terkendali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.